Sunday 4 October 2015

CARA MENGATASI TUMIT KAKI KERING DAN PECAH - PECAH




                               Tumit kaki juga memelukan perawatan agar sehat dan tampak indah


Bagi kaum hawa memiliki kaki yang lembut, bersih, sehat dan indah sangatlah di idam-idamkan, betapa tidak karena kondisi kaki wanita mencerminkan nilai keindahan dalam kepribadiannya.
Namun bila terdapat masalah pada telapak kaki terutama tumitnya, seperti muncul kapalan, kasar, kering dan pecah-pecah, tentunya akan membuat gelisah dan tidak nyaman.

Kendatipun  masalah ini hanya dibawah kaki akan tetapi hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena kondisi tumit yang pecah-pecah akan merusak pemandangan dan mengganggu penampilan.
Untuk itu menyisihkan waktu sedikit untuk melakukan perawatan pada kaki adalah langkah bijak yang harus di tempuh demi memiliki tumit kaki yang sehat dan indah.

Sebelum melakukan perawatan sebaiknya kita ketahui dulu apa yang menyebabkan terjadinya masalah pada tumit, selanjutnya bagaimana cara mengatasinya bila tumit terlanjur kering bahkan sudah pecah-pecah.

FAKTOR PENYEBAB TUMIT KERING DAN PECAH-PECAH
1 Detergen
Pada umumnya detergen bersifat panas dan menyebabkan kulit terasa pekat, kasar dan kering sehingga menyebabkan iritasi pada kulit yang mudah sensitif.
Terutama pada saat mencuci baju tanpa disadari telapak kaki kita terendam air detergen kendatipun memakai sandal, kondisi seperti ini beresiko buruk pada kesehatan telapak kaki.

2. Alas kaki
Pemakaian alas kaki yang keras seperti High heels, sepatu kulit atau sandal kulit bila tidak dilapisi kaos kaki maka akan menimbulkan kulit kering dan pecah-pecah.

3. Kaki Telanjang
Disaat berjalan tanpa alas kaki, maka telapak kaki akan menekan dan bergesekan dengan lantai keras, yang lama kelamaan menyebabkan telapak kaki menebal atau kapalan yang menyebabkan munculnya kulit pecah-pecah terutama di tumit.

CARA MENGATASI TUMIT KERING DAN PECAH-PECAH
1. Rendam Kaki
Rendamlah kaki dengan air hangat beberapa saat sebelum tidur.

2. Membantu Regenerasi Kulit
Gosok perlahan-lahan dengan batu apung dengan tujuan mengikis sek-sel kulit yang mati agar tergantikan dengan lapisan yang baru

3. Menjaga Kelembaban
Gunakan lation khusus untuk kulit kering dan pecah-pecah ( banyak dijual ditoko-toko kosmetik)

4. Perawatan alami
Gunakan Getah pepaya mentah atau bisa juga getah Labu Siam
Caranya : potong Labu Siam atau bisa juga Pepaya yang mentah sampai keluar getahnya.
Getah tersebut oleskan pada tumit yang pecah-pecah, namun sebelumnya tumit harus kondisi sudah dibersihkan.
Biarkan beberapa saat sampai getah yang dioleskan benar-benar mengering.
Selanjutnya cuci tumit kaki dengan air bersih dan keringkan dengan handuk

5. Pemakaian Alas Kaki yang Sesuai
Pilihlah alas kaki yang empuk atau lunak, nyaman dan dapat melindungi tumit kaki.
Hindari pemakaian alas kaki yang keras karena menyebabkan penebalan kulit dan memicu tumit pecah-pecah.

Demikian tulisan saya tentang cara mengatasi tumit kaki kering dan pecah-pecah, semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat pada para pembaca terutama anda yang suka mempertatikan penampilan diri

No comments:

Post a Comment