Sunday 22 February 2015

CARA MENGENAL STRES DAN PENANGANANNYA


CARA MENGENAL STRES DAN PENANGANANNYA
               Kondisi seseorang yang sedang mengalami tekanan dalam kehidupannya / stress

Dalam kehidupan sehari hari sering kita dengar satu kata yang tidak asing dalam kehidupan ini yaitu Stress yang selanjutnya disebut juga dengan depresi.
Marilah kita pahami apa itu stress ?

Stress adalah tekanan kehidupan yang begitu sulit dibayangkan dan sangat sakit untuk dirasakan.

Stress merupakan suatu respon diri atau reaksi fisik dan psikis terhadap macam- macam keadaaan yang harus dihadapi dalam kehidupan ini, yaitu situasi yang mengharuskan kita bertindak dan menjaga kesetabilan terhadap tekanan hidup yang selalu berubah ubah dan tidak pernah berakhir selama kita masih hidup.

Dizaman seperti ini, begitu banyak orang yang mengalami stress, baik itu orang dewasa, remaja maupun anak-anak.
Disaat jiwa kita mengalami suatu cobaan / tekenan yang berat, maka dengan sendirinya otak kita akan memerintahkan tubuh untuk melepaskan hormon dalam jumlah yang cukap banyak sebagai energi tambahan untuk bertindak menghadapi situasi yang menekannya.dan apabila situasi tersebut telah berlalu, maka kondisi tubuh akan kembali tenang.

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB STRESS.
Dimasa sekarang yang serba instan, dangan gaya hidup masa kini yang serba cepat, menambah semakin kompleks permasalahan hidup ini, dimana tekanan kehidupan yang datang lebih cenderung berupa psikologis, seperti yang sedang marak ditengah tengah masyarakat saat ini yaitu ; perselingkuhan, perceraian, pemerkosaan, perampokan, ekonomi, persaingan bisnis yang tidak sehat, terlilit hutang rentenir, penganiayaan dan kematian orang yang di cintainya dll.

Keadaan stress yang bertubi- tubi secara psikologi dapat menyebabkan jiwa lelah dan tubuh terasa lunglai, sehingga bisa menyebabkan seseorang tidak mampu berpikir jernih dan mendekati putus asa, bahkan ada yang sampai mengakhiri hidupnya dengan jalan bunuh diri.

GEJALA AWAL SESEORONG TERSERANG STRESS.
Stress merupakan reaksi normal terhadap banyaknya tuntutan dan banyaknya tekanan dalam kehidupan yang selalu menghampiri, silih berganti dan tak kunjung habis, sehingga hampir setiap orang bisa dipastikan pernah mengalami stress, baik itu orang dewasa , remaja maupun anak-anak.
Untuk itu ada baiknya kita mengenali gejala awal seseorang bila terserang stress, diantaranya sebagai berikut ;
1. Sulit Tidur
Berhati-hatilah apabila kita tiba-tiba merasa kesulitan untuk tidur tanpa suatu alasan yang tepat.
2. Sering Menangis dan Menyendiri.
Munculnya perasaan sedih, cemas, gelisah, marah, merasa bersalah, merasa tidak berdaya dan  kecewa yang sulit dikendalikan.

3. Berpikir Negatif.
Disaat seseorang terserang stress, pikirannya tidak lagi jernih hingga sulit membedakan mana yang benar dan yang salah, fatalnya mereka hanya cenderung berpikir tentang segala sesuatu yang buruk     pada orang lain.

4. Hilang Semangat.
Stress dapat mempengaruhi regenerasi sel dalam tubuh, akibatnya energi untuk beraktifitas fisik menjadi sangat sedikit, sehingga mudah lelah.

5. Hilangnya Rasa Humor.
Disaat seseorang sedang stress, sudut pandangnya mulai menyempit, sehingga hanya melihat segala sesuatu dari sisi terlalu serius, tanpa terlihat lagi senyumnya.

6. Nyeri dan Sakit.
Rasa nyeri dan sakit disini merupakan reaksi tubuh terhadap rasa lelah yang dihadapi dan diikuti menurunnya daya tahan tubuh, sehingga rentan terhadap suatu penyakit.biasanya ditandai dengan turunnya berat badan.

CARA PENANGANAN STRESS.
Bila seseorang sudah terserang stress, maka langkah utama adalah mengangkat atau meringankan stress tersebut.
Tujuannya adalah agar mereka dapat menghadapi situasi dalam keadaan yang lebih tenang.
jadi untuk menangani stress yaitu membuat tubuh tenang terlebih dahulu. setelah itu dilanjutkan dengan mengenali situasi-situasi apa saja yag menyebabkan stresss.kemudian membuat strategi atau cara-cara untuk menghadapi situasi tersebut dengan tepat

Seseorang tidak bisa berada dalam kondisi stress terlalau lama, karena stress yang berkepanjangan dapat mengganggu respon jantung, juga dapat menurunkan imun atau ketahanan tubuh, sehingga dapat menurunkan ketahanan tubuh.dan dapat berpengaruh negatif pada kesehatan. 
Tubuh memerlukan kondisi yang tenang, karena kondisi yang tenang, rileks akan menyegarkan fisik dan psikis, sehingga tubuh lebih mampu menghadapi berbagai situasi dan kondisi.

Berikut ada beberapa cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi stress, antara lain ;
.1. Diam Sejenak.
Diam disini artinya menenangkan pikiran sejenak dan mengalihkan perhatian sementara dari stress   dalam hal ini bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan seperti ; memancing, melukis, berkebun, merangkai bunga, menyulam dll.

2. Membaca.
kegiatan membaca terbukti efektif mengurangi stress karena membaca dapat mengalihkan fokus pikiran, sehingga membuat pikiran menjadi lebih baik.
Bacalah kitab suci , majalah, novel atau buku-buku kesukaan yang dapat membuat tubuh jadi tenang.

3. Mendengarkan Musik.
mendengarkan musik dapat menenangkan detak jantung yang keras juga dapat menenangkan ketegangan pikiran.
Bila terserang tekanan yang berat / stress berat, cobalah untuk menyisihkan waktu buat  mendengarkan musik atau lagu yang bisa membuat kita rileks.
karena terbukti musik dapat memberi efek perasaan tenang pada pendengarnya.

4. Berinteraksi dengan Keluarga` merasakan cinta kasih dari keluarga (anak, cucu, kakak, adik, mama, papa) akan membuat diri tersenyum bahagia.
Stress akan hilang ketika berpelukan, melihat adik kecil yang lucu dan menggemaskan, mengobrol santai sambil makan coklat atau minum teh hangat dll, ketika diri merasa kehangatan di tengah-tengah keluarga, saat itu juga pikiran menjadi tenang.

5. Kesibukan yang Menguntungkan. menciptakan kesibukan yang menguntungkan secara ekonomi dapat menumbuhkan semangat untuk berkarya,terbukti dapat menggeser situasi stress dengan kesibukan mengembangkan  usaha atau berkarya tersebut.


CARA MENGENAL STRES DAN PENANGANANNYA
                                    Muly lupakan stresnya dengan olah raga yang menyenangkan
6. Berolah Raga.
mekakukan olah raga ringan di rumah dengan jalan santai, joging, bersepeda dan bila dirasa perlu       maka datangi tempat-tempat kebugaran,seperti fitness, kolam renang, sanggar senam dll.

dengan berolahraga dapat meningkatkan kekuatan otot, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lancar, sehingga metabolisme tubuh jadi optimal.
tubuh akan terasa segar dan otak sebagai pusat syaraf juga akan bekerja lebih baik.
dengan demikian olah raga terbukti dapat menolong mengurangi stress.

Nah saudaraku
kita bisa melakukan beberapa aktifitas secara bersamaan untuk melawan stress atau tekanan kehidupan yang sedang menerpa. misalnya kita melakukan kegiatan senam sambil mendengarkan musik kesukaan, diakhiri mandi air hangat dan dilanjutkan minum kopi atau minum teh hangat bersama saudara , anak- anak atau teman sebaya. Tentu akan menyenangkan dan hasilnya akan sangat baik bagi kesehatan fisik dan psikis kita.

.


3 comments:

  1. Hidup adalah karya terindah dari Yang Maha Kuasa.
    Jalani!
    syukuri!
    mengapa harus ada stress?
    suka dan duka, bahagia dan derita adalah irama kehidupan yang membuat hidup ini menjadi menarik.
    menyadari bahwa kita hanyalah seorang hamba.
    menyadari bahwa apa yg terjadi adalah peran yang diberikan olehNya
    meyadari bahwa kita mesti menjalaninya.
    bersyukur, bahwa kita masih hidup sampai saat ini,
    bersyukur, bahwa kita masih diberi peran olehNya,
    bersyukur bahwa kita masih mampu memerankanya,
    seperti pepatah
    " saiki jamane jaman edan, nek ora edan ora keduman"
    tapi menurutku,
    " sak utung-untunge wong sing edan, esih luwih untung wong sing ora melu edan " maksudte
    " wong sing eling, lan wong lali naning ono sing ngelingno "
    stress menurutku hanyalah ketidak percayaan diri menghadapi hidup.
    apakah kita mengalami stress?
    selama rasa bersyukur selalu ada dalam hati dan pikiran kita,
    semoga kita terhindarkan dari rasa stress
    berbahagialah!!!
    menikmati karya terindah dari Sang Pencipta yaitu HIDUP INI

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete