Sunday 26 April 2015

CARA MENCEGAH DAN MENGOBATI PENYAKIT KEPUTIHAN


PENYAKIT KEPUTIHAN
Berbagai permasalahan kesehatan wanita yang paling dominan menyebabkan stress adalah gangguan kesehatan seputar organ vital.
Salah satunya adalah permasalan yang unik yang menyerang kaum wanita yaitu penyakit keputihan.
Pada umumnya penyakit keputihan oleh kebanyakan orang dianggap enteng, padahal keputihan adalah permasalahan yang sangat serius dan berakibat fatal, bisa pada kematian bila kita terlambat menanganinya dengan benar.

CARA MENCEGAH DAN MENGOBATI PENYAKIT KEPUTIHAN
                                                  Mulyati menjaga ketahanan tubuh dengan berolah raga

Keputihan secara perlahan lahan akan membahayakan kesehatan wanita dimasa masa mendatang dan faktor penentu kebahagiaan atau juga faktor penderitaan seorang istri dalam keluarga, tergantung bagaimana anda menghadapi dan menanganinya dengan tepat, mengapa demikian ?
karena penyakit keputihan dapat menyebabkan kemandulan, kehamilan di luar kandungan, lebih bahayanya lagi keputihan yang parah merupakan gejala awal lahirnya penyakit kanker leher rahim Ca.Cervik yang apabila terlambat penanganannya berpengaruh pada tingkat stadium tinggi dan semakin rumitnya proses pengobatannya dari biopsi, radium,  penyinaran, operasi, dan kontrol seumur hidup yang membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi.

JENIS-JENIS KEPUTIHAN
Keputihan yang terjadi pada kaum hawa dapat dikategorikan menjadi dua golonga yaitu :
1. Keputihan Normal
Keputihan ini terjadi pada saat wanita berada di masa subur, yaitu pada awal sebelum dan akhir sesudah menstruasi, yang pada umumnya terasa adanya keluar lendir yang tidak berbahaya dan normal berwarna bening kadang krem, encer dan tidak berbau.

2. Keputihan tidak normal / berbahaya.
Keputihan ini sering disebut keputihan patologis.
Keputihan ini termasuk jenis penyakit yang menghantui kaum hawa karena dapat mengganggu kesehatan diarea kewanitaannya.
Penyakit keputiha patologis bisa dikarenakan terjadinya infeksi yang disebabkan oleh tumbuhnya jamur ataupun bakteri jahat yang berkembang biak di area seputar organ vital.

Ciri-ciri keputihan patologis diantaranya sebagai berikut ;
Keluarnya cairan berwarna putih seperti susu, ada juga berwarna kuning dan hijau.
Berbau tidak sedap dan terasa gatal
Meninggalkan bercak-barcak yang membekas di celana dalam.

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit keputihan.
- Stress
- Kebersihan area vital
- Jamur, Bakteri, Parasit dan Virus.

Faktor Stress.
Stress dapat mempengaruhi kondisi kesehatan, menyebabkan daya tahan tubuh menjadi lemah hingga rentan terhadap terserangnya beberapa penyakit, diantaranaya penyakit unik yang terjadi pada wanita yaitu penyakit keputihan. mengapa demikian, adakah hubungannya stress dengan keputihan,,,?

Perlu anda ketahui bahwa kinerja semua organ tubuh di atur dan di kontrol langsung oleh otak, dengan demikian ketika reseptor otak kita mengalami tekanan yang berat secara otomatis berpengaruh pada kondisi hormon dalam tubuh yang tidak seimbang, yang selanjutnya perubahan kondisi hormon yang tidak normal memicu terjadinya penyakit keputihan.

Faktor Kebersihan area organ vital.
Menjaga kebersihan area organ vital sangatlah diperhatikan, agar terjaga kesehatannya dan terhindar dari bau yang tidak sedap.
Namun perlu di ingat..! jangan pernah memakai bedak atau bubuk untuk mengeringka organ vital ataupun untuk pengharum, karena bubuk atau bedak yang tertinggal bisa memicu tumbuhnya jamur.

Faktor Jamur, Bakteri, Parasit dan Virus.
Kelembaban area vagina adalah ladang subur bagi tempat makhluk jahat musuh kaum hawa.
Area vital wanita ini harus terjaga, stiril dan selalu kering, usahakan rajin membersihkan dengan handuk kering dan bersihkan setiap selesai cebok, setelah mandi ataupun setelah membersihkan organ vital. agar tidak ada jamur yang mampir dan berkembangbiak tinggal di situ.

Dan penting juga untuk selalu memakai celana dalam yang terbuat dari katun karena dapat menyerap keringat, dan sesering mungkin mengganti pembalut pada saat menstruasi karena tidak baik berlama lama dengan darah kotor, disamping menghindari penyakit juga mengundang bau yang tidak enak.

Adapun jamur yang menyebabkan keputihan namanya Jamur Monolia dan Jamur Candidas dengan ciri-ciri cairan  berwarna putih seperti susu, kental dan menimbulkan rasa gatal dengan bau yang tak sedap di area organ vital dan pada kondisi yang parah vagina akan mengalami radang dan kemerahan.
Adapun bakteri yang menyebabkan keputihan namanya Bakteri Gardnella dengan ciri-ciri cairan berwarna keabuan, encer, berbau amis, menyebabkan rasa gatal yang sangat mengganggu.

Adapun parasit yang menyebabkan keputihan namanya Parasit Trichomonas vaginalis, bakteri ini bisa ditularkan melalui hubungan seks, berendam di kolam renang, juga bisa lewat bibir closet.
Ciri-cirinya keputihan yang disebabkan parasit adalah organ vital akan terasa sakit apabila kena tekan. selain itu berupa cairan berwarna kuning atau hijau berbui, berbau anyir, kental tapi tidak gatal.

Adapun keputihan yang disebabkan oleh virus dinamakan penyakit herpes.
yang diikuti dengan timbulnya bintil di sekitar liang organ vital hingga terasa panas dan gatal. juga perlu diwaspadai bahwa kanker mulut rahim bisa dipicu oleh keputihan yang disebabkan oleh virus.

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit keputihan
1. Jaga area organ vital selalu kering dan hindarkan jauh-jauh dari kelembaban.
Segera keringkan dengan handuk bersih dan kering setiap anda selesai cebok, maupun setiap anda selesai mandi.

2. Rajinlah membersihkan dan jangan menggunakan sabun anti septik, karena sabun tersebut terlalu keras sehingga bukan hanya bakteri jahat yang akan mati tetapi bakteri yang bersahabatpun juga ikut terbunuh, dimana bakteri yang bersahabat merupakan makhluk yang bertugas membantu membersihkan organ vital anda secara otomatis.

3. Gunakan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan usahakan memakai yang berbahan katun supaya dapat menyerap keringat.
Sering seringlah melakukan penggantian pembalut disaat anda sedang proses menstruasi.

4. Rajinlah berolah raga, atur pola makan yang seimbang dan bisakan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh, karena tubuh yang sehat memiliki ketahanan terhadap serangan beberapa penyakit termasuk penyakit keputihan pada wanita.

5. Bila terjadi penyakit keputihan pada diri anda, janganlah di analisa sendiri tetapi segeralah ke rumah sakit pada poli kandungan, atau temui dokter kandungan,  ikutilah anjurannya dan minumlah obat yang diresepkan oleh dokter kandungan dengan benar.

Demikianlah ulasan saya tentang penyakit keputihan beserta bahaya dan cara penanganannya, semoga tulisan ini membawa manfaat pada para pembaca terutama kaum wanita

No comments:

Post a Comment