Friday 1 May 2015

TIPS MENGHINDARI PERCERAIAN



Tips Menghindari Perceraian
                                          Mulyati berbagi pengalaman membina rumah tangga

Mewujudkan rumah tangga yang harmonis merupakan konsekwensi dari suatu pernikahan. yaitu dengan menjadikannya suasana keluarga yang damai, indah, tenang, harmonis dan tentram, juga menghindari hal hal yang memicu pertengkaran yang berakibat perceraian.

Perceraian memang boleh dilakukan sebagai jalan terakhir bila memang rumah tangga itu sudah hancur dan tidak dapat dipertahankan, namun perceraian tetap dibenci Tuhan.
Dan dampak perceraian bukan hanya pasangan suami istri yang merasakan sakitnya, melainkan anak-anak yang tidak bersalah yang akan menjadi korban.

Untuk itu akan kami sampaikan beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk menghindari terjadinya perceraian yang tidak kita inginkan pada keluarga yang sedang kita bina.

Tips Menghindari Perceraian.
1. kemampuan Finansial
Seorang Nabi telah mengatakan bila anda telah mampu maka menikahlah, dan jika belum mampu maka tahanlah nafsumu dengan cara berpuasa. ini adalah benar sekali untuk itu usahakan sebelum anda mengambil keputusan untuk menikah, anda sudah harus memiliki pekerjaan atau penghasilan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.
Karena kebutuhan rumah tangga seperti makan, rumah, pakaian dansebagainya akan dapat diperoleh jika ekonomi rumah tangga dalam keadaan cukup.

2. Kemampuan Biologis.
Kebutuhan biologis yang sering di katagorikan sex itu harus tercukupi, hal ini perlu mendapat perhatian yang serius karena salah satu tujuan utama perkawinan adalah untuk memenuhi kebutuhan biologis yang sah dan dihalalkan oleh agama.
Pada umumnya bila kebutuhan biologis tidak tercukupi dapat menyebabkan terjadinya perselingkuhan yang berujung pada perceraian.

3. Menjalin Komunikasi.
Lakukanlah komunikasi yang baik dengan pasangan anda walaupun kondisi anda sedang sibuk dengan aktifitas di tempat kerja tetap luangkan waktu untuk saling memberi perhatian, dan lakukan segala hal dengan jujur serta keterbukaan untuk menghindari kesalah pahaman.
Dan jangan mencurigai pasangan anda secara berlebihan, berpikirlah positif tentang dirinya, karena mencurigai secara berlebihan akan memancing pertengkaran. 

4. Menghormati Pasangan.
Menghormati dan menghargai pasangan hidup  adalah  prioritas yang utama. hindarilah marah-marah, mengumpat, mengucapkan perkataan kotor pada pasangan anda karena dapat melukai perasaannya dan membekas dalam pikirannya sehingga tidak betah tinggal di dalam rumah dan mencari pelampiasan di luar yang tidak menguntungkan pada keutuhan rumah tangga.

5. Membuang Egois.
Hindari perasaan benar sendiri, menang sendiri, jangan pernah menyudutkan pasangan anda, dan ingat bahwa perbuatan baik menurut anda belum tentu baik menurut orang lain.
Hindari pertengkaran, bersikaplah yang bijaksana dalam menghadapi setiap permasalahan, pastikan anda sebagai pihak yang mengalah dan tidak membiarkan pertengkaran berubah menjadi masalah baru yang tidak menguntungkan.

6. Hilangkan Kejenuhan.
Jika terjadi suasana yang membosankan, yaitu munculnya kejenuhan yang terkadang berlanjut pada keretakan, usahakan untuk merubah suasana dan kondisi yang menyenangkan, misalnya menata perabotan rumah agar terkesan lebih indah, membuka album foto mengenang saat bercinta di awal pernikahan, mengingat buah hati kita betapa anak-anak sangat membutuhkan pandamping kedua orang tuanya untuk menggapai cita-cita dan impiannya.
Dan pahamilah bahwa anak-anak yang hidup dan dibesarkan pada keluarga yang bercerai akan berdampak buruk pada jiwanya dan hilang semangat meraih cita-citanya.

7. Jangan Berhianat.
Jangan pernah melakukan perselingkuhan dalam rumah tangga sebab itu merupakan penghianatan pada janji pernikahan yang telah disepakati bersama.
Jangan melakukan perselingkuhi karena pasangan kita akan merasakan kecewa yang sangat menyakitkan dan menyebabkan stress yang luar biasa.
Dan apabila terlanjur terjadi perselingkuhan, maka langkah terbaik adalah segeralah hentikan hubungan dengannya dengan konsekwensi yang harus anda tunaikan agar tidak menyakiti orang lain dan segera memutuskan hubungan dengan pihak ke 3 atau selingkuhannya.
Dan tidak pernah ada seorangpun yang rela dirinya dihianati.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat untuk menjaga keutuhan rumah tangga dan menghindari terjadinya perceraian yang tidak kita inginkan.
Salam dari jauh,,,.

No comments:

Post a Comment