Monday 31 August 2015

TIPS AWET MUDA


Kebahagiaan dalam kehidupan seseorang berada di usia muda, ibarat bunga yang sedang mekar, harum dan segar. siapapun akan tergerak hatinya untuk melihatnya, memujinya, mendambakan untuk memilikinya.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, dengan bertambahnya usia setiap diri mengalami perubahan yang terjadi pada tubuhnya, seperti kulit yang sedikit demi sedikit menua hingga keriput, warna rambut yang semakin memudar berubah putih, tenaga yang melemah dan mudah terasa lelah, namun dilain pihak ada sebagian orang yang masih tampak segar, kulitnya juga tetap kencang meskipun diusia yang sudah senja. mengapa demikian ? jawabnya adalah menerapkan pola hidup sehat.

TIPS AWET MUDA
                                                     Mulyati terlihat masih muda diusia 50 tahun 
Memiliki tubuh yang awet muda bukanlah suatu kebetulan, juga tidak dengan serta merta didapat dengan mengkonsumsi berbagai obat awet muda atau menggunakan beragam kosmetik anti tua namun untuk memiliki tubuh yang awet muda itu harus melalui perjuangan yang berkelanjutan dengan cara mendisiplinkan diri untuk menjaga, menyayangi dan merawat tubuhnya.

Beberapa langkah-langkah merawat tubuh agar awet muda diantaranya :
1. Hindari stress
Stress dapat mempercepat penuaan 10 tahun lebih cepat dari normalnya, karena kondisi stress memaksa tubuh untuk bekerja ekstra terus menerus. Keadaan seperti ini menyebabkan meningkatnya hormon kortison didalam tubuh dan menghambat produksi kolagen. Dengan berkurangnya kolagen akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit yaitu berkurangnya elastisitas kulit dan mengarah pada timbulnya garis-garis halus yang lama-kelamaan akan berubah menjadi keriput. Stress juga menyebabkan hilangnya nafsu makan yang mengakibatkan daya tahan tubuh manjadi lemah sehingga memberi peluang berbagai penyakit menghampirinya.

2. Hindari makanan ataupun minuman cepat saji.
Makanan dan minuman cepat saji memang lebih efisien terutama bagi mereka yang sehari-hari penuh dengan kesibukan, namun harus disadari bahwa mengkonsumsi makanan cepat saji itu sama dengan menambah timbunan kolestrol pada pembuluh darah. Tentu anda bisa membayangkan bagaimana kondisi pasien kolestrol bukan ?

3. Hindari tidur terlalu malam
Tubuh kita membutuhkan istirahat dengan tidur yang cukup yaitu 8-9 jam tiap harinya, tidur yang cukup sangat dibutuhkan oleh kulit agar selalu sehat dan tidak mudah keriput.
Posisi tidur juga perlu diperhatikan karena ada pengaruhnya terhadap kulit wajah, adapun posisi tidur terlentang lebih dianjurkan dan hindari posisi tidur tengkurap sebab disamping mengganggu pernafasan juga mudah membentuk garis-garis halus diwajah.

4. Hindari merokok
Merokok adalah kebiasaan yang tidak menguntungkan bagi kesehatan tubuh, terutama yang berkaitan dengan pernafasan yaitu Jantung dan paru-paru, juga tidak menutup kemungkinan terhadap kesehatan kulit karena menyebabkan kerusakan kolagen sehinggan kulit lebih cepat kering dan mengurangi elastisitas kulit. Selain itu panas asap rokok menyebabkan bibir berubah warna menjadi lebih hitam dan tidak menarik.

5. Olah raga
Rajin melakukan kegiatan olah raga membuat tubuh 3 kali lebih kuat menghambat penuaan tubuh, karena kegiatan ini dapat menjaga sirkulasi darah dan metabolisme tubuh lebih teratur, juga meningkatkan interaksi sel-sel saraf.
Dengan berolah raga yang rutin kita dapat membentengi diri dari berbagai penyakit seperti jantung, paru-paru, tulang,  kolestrol, depresi dll.

6. Konsumsi buah dan sayur
Makanan empat sehat lima sempurna untuk menunjang kebutuhan tubuh, namun dengan menambahkan sejumlah buah dan sayur dalam menu makanan setiap hari merupakan langkah yang bijak, karena keduanya banyak mengandung vitamin, serat, zat-zat lainnya yang bermanfaat menjaga tubuh sehat dan awet muda. Makanan yang kaya serat sangan dibutuhkan untuk menjaga usus agar dapat menjalankan perannya dengan baik.
Secara umum mengkonsumsi makanan sehat berguna sebagai penghambat proses penuaan juga menghambat penyakit-penyakit lain yang menyertainya, seperti darah tinggi, kolesterol, diabetes, osteoporosis, osteoarthtritis dll.
Selain itu antioksidan yang terkandung dalam sayur dan buah sangat membantu mencegah kanker, dengan memerangi radikal bebas.
Radikal bebas merupakan subtansi dari suatu proses perusak jaringan tubuh, dan sel-sel tubuh kita
.
7. Menjaga kesehatan kulit
A. Bersihkan kulit wajah dan leher menggunakan Milk cleanser diikuti Face tonic merek apa saja yang penting sesuai dengan jenis kulit anda, lakukan serara secara rutin tiap pagi dan malam sebelum tidur.
B. Gunakan pelembab kulit dan bila anda berada di luar ruangan sebaiknya memakai pelembab yang mengandung UV.
C. Gunakan pelindung berupa topi atau payung untuk melindungi kulit dari paparan langsung dengan panas sinar matahari.
D. Gunakan krem malam yang sesuai dengan jenis kulit anda setiap malam sebelum tidur untuk melembabkan kulit, dan sangat dianjurka bagi anda yang memiliki usia diatas 30 tahun.
E. Gunakan kosmetik yang cocok saja dengan jenis kulit anda, dan jangan mencoba-coba sendiri berbagai produk kosmetik atau kecantikan, karena tidak ada garansi terhadap kepastian manfaat produk tersebut dan yang akan menjadi korban adalah kulit anda sendiri jika ternyata produk itu memiliki efek samping dari bahan yang terkandung didalamnya ternyata tidak cocok dengan jenis kulit anda.

Demikianlah ulasan tentang awet muda yaitu sebuah anugrah yang harus disyukuri dengan cara rajin mempertahankan dan merawat tubuh dengan disertai kesabaran mengelola stress secara  baik agar selalu berfikir positif dan tampil segar, sehingga dapat mewarnai kehidupan yang indah, senang, tentram dan rileks. Besar harapan saya semoga tulisan ini membawa manfaat bagi para pembaca terutama mereka yang mendambakan awet muda.
Salam dari jauh....

No comments:

Post a Comment