Saturday 29 August 2015

CARA MENGATASI KULIT KERIPUT



Kulit keriput dengan flek hitam yang mewarnai wajah merupakan momok yang sangat menakutkan dan membuat gelisah kebanyakan kaum hawa, karena hal itu dapat menyebabkan perasaan kurang percaya diri dan merusak keindahan dalam penampilannya.
Sedangkan memiliki kulit yang padat, kencang, dan mulus merupakan idaman setiap orang baik anak muda maupun orang dewasa, namun untuk memiliki kulit dengan kriteria yang demikian tidaklah muda, banyak diantara mereka yang harus rela menguras kocek tebalnya hanya untuk mendapatkan kulit yang diinginkan agar dapat tampil mempesona.

Hingga saat ini banyak pabrik kosmetik berlomba-lomba memasarkan berbagai pruduk unggulan yang menjanjikan, juga para salon kecantikan dan praktek dokter spesialis kulit banyak yang bermunculan pada berkompetisi menawarkan jasa profesinya menawarkan pelayanan yang ekstra pada para konsumen yang datang dengan berbagai keluhan tentang permasalahan kulit yang dialaminnya, dari masalah jerawat, flek hitam yang menghiasi wajahnya hingga munculnya garis-garis halus diseputar mata yang merupakan tanda-tanda penuaan dini.

CARA MENGATASI KULIT KERIPUT
                                              Mulyati tinggalkan stress agar kulit tidak keriput
Pada umumnya kulit akan mengalami permasalahan baik secara alami seperti, dengan bertambahnya umur maka kulit akan mengalami penuaan yang disebabkan otot mengendur, selain itu permasalahan lainnya disebabkan oleh lingkungan misalnya, paparan sinar matahari, pemakaian kosmetik yang tidak tepat bisa menyebabkan kulit keriput atau kerusakan kulit lainnya.

Kebanyakan orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya ada faktor lain yang ikut andil mempercepat proses penuaan atau kulit keriput yaitu menghindari stress. Jadi kalau menginginkan kulit tetap kencang dan bebas dari masalah gangguan kulit lainnya, salah satunya yang harus dilakukan adalah menjaga kondisi mental atau pikiran untuk selalu rileks, karena stress atau tekanan yang membebani pikiran dapat mengganggu keseimbangan hormon tubuh dan berdampak buruk pada kesehatan kulit seperti munculnya garis tipis di dahi akibat menahan marah, juga garis tipis di sekitar mata akibat sering menangis dan kurang tidur.

Seseorang yang sedang dilanda stress, tubuhnya akan cepat memproduksi hormon kortisol, dimana hormon ini tidak menguntungkan bagi kesehatan kulit karena hormon kortisol mempunyai dampak yang buruk pada kesehatan kulit yaitu dapat menghambat produksi kolagen dalam tubuh dan dapat menimbulkan penyakit kulit lainnya yaitu psoriasis.

Kolagen adalah protein yang membentuk unsur utama dan memberikan kekuatan serta daya tahan kulit, sementara keberadaan kolagen sangat dibutuhkan oleh tubuh salah satunya bagi kulit karena kolagen memiliki fungsi yang luar biasa diantaranya, untuk menghambat proses penuaan tubuh, menjaga kelembaban kulit, menopang kesehatan beserta kekencangan kulit dan mempertahankan elastisitas kulit. Disamping itu keberadaan kolagen sangat diperlukan dalam proses pergantian dan pemulihan sel-sel kulit mati. Jadi bila kolagen dalam tubuh dihambat produksinya oleh hormon kortison akibat stress yang mandera, tentu pengaruhnya akan menyebabkan kulit cepat kering dan mudah keriput.

Dampak buruk hormon kortisol lainnya adalah timbulnya penyakit psoriasis yaitu jenis penyakit kulit yang pencetusnya adalah stress, penyakit ini bila kita perhatikan sering muncul di siku, di lutut, di mata kaki dan di beberapa daerah lainnya. Permasalahannya pada kulit yang kering dapat mencetuskan rasa gatal yang memicu keinginan menggaruk, dan garukan yang dilakukan berulang-ulang pada kulit tersebut akan diikuti dengan munculnya kulit bersisik dan timbul penebalan kulit yang tentunya akan merusak keindahan penampilan.

Oleh karena itu bagi anda yang sangat memperhatikan penampilan kulit yang sehat dan cantik, sebaiknya mulailah dari sekarang untuk mampu mengelolah stress agar tidak sampai frustasi dan tetap berusaha agar dapat merasakan kenyamanan, ketentraman dalam hidup sehingga tidak menimbulkan permasalahan pada kulit anda.

Nah demikianlah ulasan tentang kulit keriput yang terjadi pada dewasa ini dan faktor penyebabnya ternyata bukan hanya bertambahnya usia, lingkungan yang tidak mendukung dan pemakaian kosmetik yang kurang benar, namun faktor pengelolaan stress yang tidak ditangani dengan baik turut ikut andil dalam proses penuaan dan kulit keriput, besar harapan saya semoga tulisan ini dapat memberi manfaat pada para pembaca terutama yang memiliki permasalahan dengan penampilan kulit anda.

No comments:

Post a Comment